Pengertian Jaringan GPRS, EDGE, UMTS, HSDPA, 3G dan 4G

Seiring perkembangan teknologi sekarang kita dapat menikmati kecanggihan di bidang telekomunikasi dan informasi, yaitu perkembangan yang sering kita gunakan dalam sehari hari teknologi di bidang internet, Kebutuhan akan saluran data internet yang dari hari kehari makin meningkat, Beberapa perusahaan telekomunikasi terus berlomba menyediakan jaringan terbaik dalam menunjang kebutuhan saluran data bagi pelangganya. Sering kita mendengar istilah jaringan GPRS (2.5G), EDGE (2.75G), UMTS/EVDO/W-CDMA (3G), HSPA/HSDPA (3.5G), dan 4G. Namun ada sebagian dari kita yang belum mengerti apa perbedaan diantarany.
Pengertian Jaringan GPRS, EDGE, UMTS, HSDPA, 3G  dan 4G
Pengertian Jaringan GPRS, EDGE, UMTS, HSDPA, 3G  dan 4G

Berikut sedikit penjelasan atau Pengertiannya:

1. GPRS
GPRS (General Packet Radio Service) : suatu teknologi yang digunakan untuk pengiriman dan penerimaan paket data. GPRS sering disebut dengan teknologi 2.5G. Secara teorikKecepatan saluran antara 56kbps hingga 115kbps, sehingga memungkinkan saluran internet, mengirim e-mail, mms

2. EDGE
Enhanced Data rates for GSM Evolution (2.75G) yaitu teknologi evolusi dari GSM dan IS-136. Secara teori kecepatan EDGE dapat mencapai 473,6 kbps sehingga rata-rata kecepatan EDGE 3 kali lebih cepat dari GPRS. Fasilitas yang disediakan EDGE sama ibarat GPRS (e-mail, mms, dan browsing).

3. UMTS
UMTS (bahasa Inggris: Universal Mobile Telecommunications System) yaitu salah satu teknologi telepon genggam 3G (generasi ke-3). Sekarang ini bentuk yang paling banyak digunakan yaitu W-CDMA yang distandarisasi oleh 3GPP.

4. HSDPA
High-Speed Downlink Packet Access yaitu perkembangan 3G. HSDPA sering disebut dengan generasi 3.5 G. Karena HSDPA masih berjalan pada platfrom 3G. Secara teori menunjukkan layanan suara, video, maupun saluran dengan kecepatan hingga 3.6 Mbps atau 9 kali lebih cepat dari layanan 3G umumnya. Kontennya sendiri tidak jauh berbeda dengan konten dari teknologi 3G yang sudah ditawarkan oleh beberapa operator seluler di Indonesia yaitu video call, mobile video, mobile TV, serta video content. Perbedaannya yaitu 3.5G menyuguhkan gambar yang lebih tajam dari gambar yang ditawarkan oleh 3G.  

5. 3G 
Third Generation Technology atau W-CDMA/UMTS yaitu generai ketiga dari perkembangan teknologi nirkabel. Jika di CDMA 3G sebanding dengan EVDO (Evolution-Data Optimized). 3G memiliki kemudahan setingkat lebih tinggi dari EDGE. Dimana kalau jaringan EDGE kita hanya bisa browsing, e-mail, mms, dan browsing. Layanan 3G juga memiliki kemudahan video streaming, (termasuk didalamnya: video conference, dan video calling). Secara teori kecepatan saluran 3G sekitar 480kbps.  

6. 4G
Teknologi 4G ini ibarat Long Term Evolution (LTE) hanya merupakan evolusi dari teknologi 3GPP dan Ultra Mobile Broadband (UMB) berasal dari 3GPP2, sehingga sulit untuk membedakan dengan terperinci teknologi 3G dan 4 G. Salah satu teknologi 4G yaitu WiMax. mobile standard telah diterima oleh ITU untuk ditambahkan pada IMT-2000, sehingga teknologi gres ini masih digolongkan ke dalam keluarga 3G. International Telecommunication Union (ITU) sedang mempelajari kemampuan mobile broadband yang disebut IMT-advanced yang disebut teknologi generasi keempat (4G).

Facebook Comments