Kamus Istilah Istilah Dalam Android

ADB Tools (Android Debug Bridge) Tool yang dipakai untuk command terminal di sistem Android. Perintah dasar menyerupai : ADB Push (upload file ke sistem android), ADB Pull (download file dari sistem Android), ADB Install (install apk (paket installasi) file ke sistem android)

Adb shell logcat 
Untuk mengetahui proses yg terjadi diandroid, memiliki kegunaan banget ketika experiment flashing rom. 

AOSP (Android Open Source Project)
Saat kita mengatakan bahwa Android itu open source maka kita merujuk pada hal ini, kawasan dimana source code untuk Android berada dan bisa diunduh serta dipakai oleh siapapun.

Android 
Sistem Operasi yang menggunakan kernel linux 2.6 dan Dalvik VM yang dibuat oleh Android, Inc,Google.
 


Android SDK
Merupakan paket starter yang berisi tools, sample code, dan dokumentasi penggunaan yang memiliki kegunaan untuk pengembangan aplikasi Android. 

Android Market
Tempat dimana applikasi untuk Android berada, kebanyakan bersifat gratis.
Android Virtual Device (AVD)
Merupakan Emulator untuk menjalankan OS android di PC dekstop maupun laptop under Windows ataupun Mac maupun Linux.
 

Apk
Ekstensi file untuk aplikasi Android
 

Apps
Singkatan dari “applications” atau aplikasi. Program yang kita unduh dan jalankan di handheld kita. Bisa gratis bisa berbayar.
 

Apps2SD
Proses memindahkan/menyimpan aplikasi ke SDcard selain ke memori internal. 

App Inventor
Sistem berbasis web dimana aplikasi Android bisa dibuat tanpa perlu tahu bagaimana cara meng-code-nya. Dihentikan oleh google tapi dirilis sebagai proyek open-source.

Augmented RealityTeknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan kasatmata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak menyerupai realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, namun Augmented Reality hanya menambahkan atau melengkapi kenyataan.

Beta 
Sebuah versi percobaan, yang berarti belum sempurna

Boot
Proses menghidupkan handheld. 

Bootloader
Gabungan SPL dan IPL yg menjadi dasar dr sebuah device. 

Bootloader Mode
Tombol Camera + Power, pada mode boot ini, kita bisa meng-install image sebuah sistem yang ada/ditaruh di SDcard dengan menekan tombol Power lagi.

Boot Loop 
Device melaksanakan boot terus menerus (berulang-ulang) / terjebak di bootanimation, tidak dapat masuk ke OS. Akibat kesalahan flashing atau ada file milik system yang tidak berjalan dengan baik. 

Busybox
Sebuah toolbox yang popular dengan linux commands menyerupai contohnya: cp, mv, dan lainnya. Hanya dapat digunakan pada HH yang sudah memiliki hak kanal eksekutif atau “rooted” Android phone. (Kayak semacam bentuk perintah) 

BWK
Bandwidth killer (istilah ini digunakan ketika menjalankan aplikasi yang bersifat online dan menyedot pemakaian bandwidth yang sangat besar)

BRICK (ed)
Kondisi dmana device sudah tidak bisa di-recover,sehingga bisa dianggap menyerupai batu-bata (brick) yg dapat digunakanuntuk ngelempar anjing (kalau dbutuhkan).

BSOD
Blue screen of death 

Cache2SD 
Proses memindahkan/menyimpan Cache dari ROM ke SDcard. 

CIF
Common Intermediate Format, ialah format standar resolusi photo/video yang menunjukan ukuran horizontal dan vertikal dalam besaran pixel. 

Cupcake ( kudapan manis mangkok )
Google internal code name for the Android OS version 1.5.

CPU
Merupakan kependekan dari Central Processing Unit atau Unit Pengolah Pusat. Secara awam, kita sering menyebutnya sebagai prosesor. 

CWM (Clock Work Mod)
Alat pengganti default android recovery yang digunakan untuk install costum rom, dan memiliki fitur backup, Aplikasi ini asalnya dibuat oleh Koush, untuk mengatur ROM di hp Android. Banyak kegunaan CWW ini salah satunya untuk membackup dan restore aplikasi, menghapus (wipe) data di sistem dan di cache (Dalvik). Biasanya diharapkan untuk menginstall (flashing) ROM baru, menjalankan atau mematikan Lagfix dari kernel Voodoo dsb. 

CM (Cyanogen Mod)
Developer yang memodifikasi ROM 

Dalvik
Nama khusus di Android untuk kegiatan Java virtual Machine (VM) yang menjalankan perintah arahan aplikasi android. Setiap aplikasi berjalan di Dalvik VM dan tidak besar lengan berkuasa secara eksklusif ke sistem operasi Android. Jika misal satu aplikasi 'rusak', maka hanya VM dimana Dalvik untuk aplikasi itu yang tidak berfungsi.

Diagnostic Mode
Tombol Capture + Power. mode boot untuk test ( pake tombol volume untuk pilih item ).

Donut ( Donat )
Google internal code name for the Android OS version 1.6.

Deodex
Proses Deodexing singkatnya ialah proses pengepakan kembali APK dengan ODEX dengan cara tertentu. Proses pengepakan ini akan menjadi file dengan CLASSES.DEX. Dengan melaksanakan DeOdexing, semua paket dari APK yang sebelumnya terpisah di satukan kembali di satu file APK, sehingga menghilangkan kecemasan bahwa APK yang dimodifikasi akan konflik dengan beberapa file ODEX.Dengan kata laen, ROM yang telah DeODEXed, memiliki paket aplikasi yang telah di jadikan satu kembali dalam satu file APK, sehingga mengijinkan modifikasi pada file APK menyerupai perubahan THEMA. Karena tidak ada kode/bagian paket aplikasi yang lokasinya berbeda maka integritas paket tetap terjaga.

Download Mode
Satu proses yang biasa dilakukan untuk flashing ROM menggunakan Odin. Tekan Volume bawah + Home + Power hingga layar 'Download Mode' (warna kuning) muncul. Konek kabel USB ke komputer dan buka Odin. Di Window Odin akan ada satu kotak yang menunjukan Odin telah mengenali hanphone dan siap untuk proses flashing. Gambar bisa dilihat di bawah ini.

Eclair
Google internal code name for the Android OS version 2.0 dan 2.1. 

Ext2 / Ext3 /Ext4 
Format partisi pada linux,seperti layaknya FAT32 dan NTFS pada windows.

Froyo ( Frozen Youghurt - Youghurt beku )
Google internal code name for the Android OS vesion 2.2. 

Fastboot
Tool yg digunakan untuk mem-flash image sistem ke handheld dr komputer. 

Firmware
Operasi sistem atau software yang berjalan di suatu alat digital menyerupai pada ponsel

Flash
Istilah yang hampir sama dengan Flash ialah instal tapi sesungguhnya tidak sama. Proses flash akan mentransfer data ROM, Kernel, Recovery atau paket firmware ke dalam internal ROM di android.

Framework
Tampilan-tampilan dasar pada firmware, menyerupai battery bar, signal bar, notification bar.

Gal
Singkatan dari HH Android keluaran samsung, contoh: Galmin untuk Galaxy Mini, Gal Note untuk Galaxy Note

GUI
Graphical User Interface, interface aplikasi yang lebih bersifat graphic (gambar) 

GPU 
Graphics Processing Unit , sebuah prossesor khusus untuk untuk adegan grafis 3D dari microprocessor. Alat ini digunakan di sistem benam, telepon genggam, komputer pribadis, workstation, dan konsol game. GPU Moderen sangat efisien dalam memanipulasi komputer grafis dan struktur paralel, membuatnya lebih efektif dari fungsi umum CPU yang di gunakan untuk bebagai perhitungan alogaritma. Pada komputer pribadi (PC), GPU biasanya terdapat di video card atau dimotherboard. Lebih dari komputer desktop dan notebook mempunyai GPU yang terintegrasi, yang biasanya jauh daripada yang ada di video card. 

GMS
Google Market Services, kawasan unduh nya aplikasi2 di Android (kayak apps store di iphone, appworld di BB) 

GPS ( Global Positioning System)
sistem penentuan lokasi berdasarkan sinyal satelit yang akan menghasilkan gosip berupa koordinat, latitude dan lokasi dalam peta. Dibutuhkan 3 komponen dalam penentuan lokasi yaitu satelit, receiver GPS dan posisi yang bebas halangan. 

Honey comb
Google internal code name for the Android OS vesion 3.0, biasa dgunakan untuk tablet 

HH (HandHeld)
Sebuah peralatan bergerak, juga dikenal sebagai peralatan telepon genggam, peralatan genggam,komputer genggam, palmtop atau hanya alat genggam — ialah sebuah peralatan komputer seukuran kantong, yang memiliki layar tampilan dengan masukan sentuhan atau papan ketik mini. Untuk personal digital assistant (PDA) masukan dan keluaran digabungkan ke dalam sebuah antarmuka layar sentuh. Telepon cendekia (Smartphone) dan PDA sangat populer di antara orang-orang yang membutuhkan dukungan dan kenyamanan komputer konvensional. Enterprise digital assistant dapat memperluas fungsi yang tersedia untuk pengguna urusan ekonomi dengan memperlihatkan layanan pengambilan data terintegrasi menyerupai pembaca BarCode, RFID, dan Smart Card. 

IMAP
Internet Message Access Protocol, salah satu protocol untuk retreive email selain POP3. 

ICS (Ice Cream Sandwich)
Google internal code name for the Android OS vesion 4.0, OS yg dlengkapi dengan face lock.apk. 

Install
Memasang paket aplikasi tersebut pada system.

Jit (just in time)
Dalam android jit semacam tweaking semoga CPU dan I/O device dapat bekerja maksimal

Jellybean
Google internal code name for the Android OS vesion 5.0. 

Kernel
Fungsi Kernel ialah sebagai jembatan antara Operating System (OS) dan hardware. Dengan kata lain, kernel berfungsi sebagai penghubung antara sofware dengan hardware.Dalam konteks hanphone Android, kernel juga menyimpan gosip driver untuk hardware. Oleh balasannya Kernel bisa diganti dengan proses flashing untuk meningkatkan performa hardware Android, misalnya overclock, memaksimalkan kemampuan suara, grafis dan lain-lain. 

Miley
Julukan untuk Milestone,salah satu android rakitan nya Motorola. 

Multitouch 
Fitur touchscreen yang memungkinkan layar dapat menangkap lebih dari satu input sentuhan.

NAND
Tipe flash memory yang digunakan di handheld, The type of flash memory that is used in the HTC Dream, istilah ini biasanya digunakan menggantikan istilah ROM, 

Nandroid
Utility yg dipake buat bikin image untuk backup maupun restore. 

NAND Backup
Proses mengkopi sistem (yang di Android disebut sebagai 'Image') termasuk gosip partisi OS di Android. Proses ini TIDAK membackup Kernel dan sistem Recovery.

Odex
Dalam file sisten Android, aplikasi berbentuk paket dengan extensi APK. Paket aplikasi atau APK ini mempunyai file ODEX yang fungsi sesungguhnya ialah untuk menghemat ruang penyimpanan. File ODEX ini sebenernya koleksi dari adegan dari aplikasi yang di optimalkan sebelum proses boot. Dengan begitu, adanya file ODEX akan mempercepat proses BOOT sebab meload adegan dari aplikasi2 yang ada. Di sisi lain, adanya ODEX mempersulit proses hacking terhadap APK, sebab beberapa adegan dari APK telah di extract dan berada di lokasi yang laen sebelum di eksekusi. 

Partisi
Membagi memori external membagi bebrapa bagian.

POP3
Post Office Protocol 3, salah satu protocol TCP/IP port 110 dalam menarik email. 

Root
Super user di salah OS (dalam hal ini Android) dan nge-root = proses untuk merubah privilage dari user biasa jadi root. 

Recovery Mode
Tombol Home + Power, pada mode boot ini, kita bisa membuka shell..mem-flash image..bikin Backup maupun Restore. Teken Call + Menu + Power beberapa kali untuk keluar dr mode ini, 

Resolusi
Jumlah pixel per satuan panjang citra, biasa dng satuan dpi (dot per inch) pixel, unt konversi dcontohkan 300 dpi pixel = 1/300 inches = 1/300*2.54 cm = 0.00847 cm 

ROM
Read Only Memory, suatu area dari flash memory yang tidak bisa "ditulis/diisi", biasanya digunakan dalam memory komputer (tempat BIOS) yg tidak membutuhkan power untuk menyimpen data. Dalam handphone (Android), ROM disini ialah internal memory kawasan OS (Android) disimpan. Makara ROM untuk handphone Android bisa dikatakan tempat/daya tampung OS dan kadang eksklusif diidentikkan dengan versi OS itu sendiri. Proses flash ROM akan mengganti total OS di Android dan kadan termasuk Kernel dan Recovery mode. 

RAM
Random access memory, ialah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, menyerupai tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

Safe Mode
Tombol Menu + Power, boot handheld secara normal tetapi tanpa registrasi dengan Google, makana aplikasi2 yg bekerjasama denganna gk bakalan berfungsi ( Map, Gmail account, Market, dll). 

SPL
Secondary Program Loader (mirip kaya BIOS - Basic Input Output System ), adegan kedua terdiri dari bootloader. 

Screen Capture/SS (Screen Shoot)
Istilah dalam android untuk mengambil gambar/screen shot yang diinginkan biasa mengunakan aplikasi pihak ketiga atau tombol home dan power. 

Swap
Mempermudah kinerja RAM (bukan menambah RAM), jd tidak akan ada peningkatan pada hasil benchmark DLL. Pada umumnya ini di gunakan pada hp dgn RAM rendah (contoh RAM 128/256) untuk supaya bisa menjalan kan lebih banyak app (multitasking) sedangkan untuk DS RAM 512 jumlah ini sudah cukup untuk menjalankan multitasking di froyo 2,2 (mungkin tidak akan cukup di honeycomp 3.0) tp kita masih dapet menggunakan swap di DS supaya kinerja RAM menjadi ringan (dgn anggapan bisa menghemat tenaga batere) kecepatan sdcard class 6 boleh di bilang sama dgn kecepatan internal memory, jd pada ketika system menggunakan swap yg tersedia tidak akan ada lag.

Tweak
Sebuah kemudahan (utility) yang tersedia pada sistem operasi atau proses yang dapat mengoptimalisasikan kinerja sistem operasi.  

Unroot / Unrooting
Lawan dari proses rooting, mengembalikan priveledge/hak kanal Android ke posisi semula, mengembalikan status garansi di Device anda (dengan syarat garansinya memang masih berlaku ) , Jika ada aplikasi yang memerlukan kanal root, setelah unroot, aplikasi tersebut tidak dapat dijalankan lagi  


Wipe data/factory reset
Sama menyerupai factory reset 

Wipe cache partition 
Menghapus partisi pada SDCard  

Widget
Aplikasi yang dapat ditempatkan di homescreen 

VGA
Video Graphics Array, ialah standar resolusi grafik (photo/video) yang lebih gres yang diperkenalkan oleh IBM. Ukuran standar VGA ialah 640 x 480 pixel 
Facebook Comments