Cara Mempercepat Proses Booting Di Android

Pernakah anda mengalami proses booting pada smartphone Android yang sangat lama dikala anda dinyalakan, jikalau anda perhatikan di dikala ponsel anda gres dinyalakan akan muncul notifikasi status Media scanner is running dan android anda mampu digunakan setelah proses itu selesai. Sebenernya proses Media scanner is running yakni proses scaning untuk mencari file music, gambar, video untuk katalog di Gallery, Music Player, dll. Semakin besar kapasitas SDcard yang anda gunakan dan semakin banyak file yang anda simpan akan semakin lama proses scanningnya akan berjalan.
Sebenarnya untuk mempersingkat proses ini mampu anda gunakan sebuah aplikasi untuk mempercepat proses booting ponsel yang berjulukan Rescan Media Root. Namun perlu diingat bahwa aplikasi ini membutuhkan hak terusan ke system ponsel sehingga ponsel android anda harus sudah dalam keadaan di root. Untuk mendownloadnya, anda mampu mengunduh aplikasi ini secara gratis di Google Play.

Tips mempercepat proses booting android

  1. Silahkan Unduh dan Install Rescan Media Root, Link unduh disini Rescan Media Root atau Bisa anda unduh di Google Play.
  2. Aktifkan USB Debugging android anda dengan cara menuju ke Settings -> Applications -> Development. Silakan centang USB Debugging 
  3. Buka aplikasi Rescan Media Root, lalu pilih Disable Media Scanner. 
  4. Tutup aplikasi tersebut dan restart ponsel anda. 

Apabila anda tidak menemukan file di Gallery, Music atau sejenisnya dan muncul goresan pena No items, buka kembali Rescan Media Root dan proses scanning akan otomatis berjalan, jikalau masih tidak muncul file anda, silahkan Buka aplikasi Rescan Media Root, lalu pilih enable Media Scanner.
Facebook Comments