Cara Atasi Android Lemot

Smarthphone Android yang lemot seringkali membuat pengguna merasa kesal karna penurunan kinerja android setelah beberapa lama pemakaian, Berikut ialah beberapa tips yang mampu terapkan untuk mempercepat performa Smarthphone android anda:
1. Hapus Cache Pada Memori Internal 
Cache ialah penyimpanan memori sementara pada perangkat Android. Keberadaan cache di ponsel akan terus bertambah, dan cache tersebut akan menggunakan banyak memori dan membuat smartphone kita menjadi lambat atau lemot. Untuk mengatasi ini, Anda mampu menghapus atau membersihkan cache dengan menginstal aplikasi menyerupai Clean Master atau App Cache Cleaner dll.

2. Matikan Live Wallpaper
Mematikan live wellpaper dapat menghemat konsumsi daya, mematikan live wallpaper juga dapat membuat kinerja ponsel Anda jadi lebih cepat. Cara Mematikan live wellpaper masuk ke setting ->> Display ganti live wallpaper Anda dengan wallpaper biasa 

3. Batasi penggunaan widget
Keberadaan widget memang akan memudahkan anda dalam mengakses gosip yang dibutuhkan, tanpa harus repot-repot membuka aplikasi yang bersangkutan,widget akan terus menerus berjalan di background. supaya performa ponsel Anda tetap gesit sebaiknya anda mengurangi jumlah widget.

4. Hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan
Banyaknya aplikasi dan game Android yang gratis kerap kali pengguna tertarik untuk menginstalnya meski sebenarnya tidak terlalu di butuhkan. Semakin banyak aplikasi yang berjalan di background maka akan semakin berat pula kinerja ponsel yang Anda miliki. Demikian pula jikalau ruang kosong atau free storage pada ponsel Anda tinggal sedikit maka performanya juga akan melambat.
Cara menghapus atau uninstall aplikasi dan Game 

  • Masuk ke Play Store ->> My Apps dan pilih satu persatu aplikasi yang ingin dihapus.
  • Jika Anda ingin menghapus aplikasi tanpa koneksi internet, Anda dapat melakukannya dengan masuk ke setting ->>Aplikasi ->>All.

5. Instal Aplikasi di Memori External
Ketika kita menginstal aplikasi di perangkat Android, maka aplikasi ini otomatis akan masuk ke memori internal. Jika kita menginstal cukup banyak aplikasi, maka hal ini akan mensugesti kecepatan perangkat Android, anda harus memindahkan aplikasi tersebut ke memory eksternal, supaya smartphone android anda tidak menjadi lambat atau lemot.


6.Tutup Aplikasi Yang Tidak Terpakai
Sering kita membuka beberapa aplikasi dan kemudian lupa untuk menutupnya setelah final digunakan. Aplikasi yang sedang bekerja tentu saja membutuhkan memory RAM, dan jikalau kita lupa menutup atau membiarkan aplikasi lebih dari satu berjalan atau aktif di android, ini akan membuat kinerja perangkat Android Anda menjadi lemot. 

7. Gunakan kartu microSD
Dengan menambahkan kartu memory pada Android Anda maka akan menunjukkan ruang lega bagi perangkat cendekia Anda tersebut. Dengan begitu, beban RAM akan berkurang sehingga proses loading data akan semakin cepat.


Facebook Comments