Cara Install Xposed Samsung Galaxy Marshmallow / Lollipop

Cara Install Xposed Installer Samsung Galaxy Android Marshmallow / Lollipop. Tidak banyak yang mengetahui bahwa Xposed Installer (khusus samsung), ternyata mampu dipasang atau digunakan untuk semua model dan tipe smartphone samsung. Hanya saja yang membedakan yakni versi Xposed itu sendiri. Dimana setiap versinya terbagi kedalam 2 jenis, yaitu Xposed untuk Android Marshmallow (6.0.x) dan Lollipop (5.0.x). Serta untuk android Marshmallow dan Lollipop terbagi lagi kedalam 2 jenis, yakni Sistem Operasi ARM32 dan ARM64.

Xposed sendiri memiliki banyak kegunaan apabila sudah terpasang di dalam smartphone. Diantaranya yakni mampu melaksanakan tweak, mengedit file berektensi apk, mengubah tampilan (interface) android, mengunci sinyal 4G LTE, meningkatkan performa Android, tweak bunyi dan masih banyak lagi.

Kebanyakan pengguna smartphone android yang sudah melaksanakan ROOT, hampir semuanya pasti memasang Xposed Framework. Karena dengan terpasangnya xposed di dalam smartphone, ada banyak hal yang mampu dilakukan, dan saya yakin bahwa mereka sudah banyak memahami wacana cara menggunakannya. Mungkin sahabat salah satunya.
Nah, untuk tutorial kali ini saya akan menyebarkan kepada sahabat wacana bagaimana cara memasang / meng-install Xposed Installer yang support untuk semua model dan jenis samsung. Namun sebelum melakukannya, ponsel sahabat harus sudah dalam keadaan ROOTED. Karena syarat utamanya yakni ponsel harus sudah dalam keadaan ROOTED. dan bila belum, silahkan di-ROOT terlebih dahulu. Untuk melakukannya, silahkan sahabat coba gunakan Aplikasi Root berjulukan KingRoot.

Bagaimana Cara Pasang Xposed Framework Samsung Galaxy Android Marshmallow / Lollipop

Cara Pasang Xposed Samsung Semua Tipe dan Model

Sebelum memasang xposed kedalam smartphone samsung, saya sarankan lebih baik melaksanakan backup ROM terlebih dahulu. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, mengingat apabila terjadi kesalahan atau ponsel mengalami bootlop, maka sahabat mampu melaksanakan restore ke keadaan menyerupai semula. Untuk melaksanakan backup rom, silahkan lakukan melalui menu recovery CWM/Custom TWRP.

Langkah #1. Unduh Aplikasi Xposed Installer 3.0 Alpha 4.apk. Setelah selesai, eksklusif install kedalam smartphone. Apabila terdapat blokir ketika pemasangan, silahkan tap pada pengaturan/settings lalu centang (aktifkan) "Unknown Sources" kemudian lanjutkan proses pemasangannya hingga selesai.

Langkah #2. Unduh salah satu Xposed di bawah ini yang sesuai dengan kriteria smarphone yang sahabat miliki. Ingat jangan hingga salah dalam memilih.
  1. Android Lollipop
  2. Android Marshmallow
Catatan !!!
  1. ARM32: Adalah smartphone yang menjalankan sistem operasi android ARM32 (Galaxy S5, Note4, J7, J5, A7 dan seterusnya).
  2. ARM64: Adalah smartphone yang menjalankan sistem operasi android ARM64 (Galaxy S7/S6, Note5 dan sebagainya).
Langkah #3. Setelah pada langkah pertama dan kedua sudah simpulan dilakukan, selanjutnya nonaktifkan (turn off) ponsel sobat. Apabila sudah dalam posisi OFF, selanjutnya masuk ke menu Recovery (CWM/Custom TWRP) dengan cara menekan tombol "Home + Power + Volume Atas" secara bersamaan, dan tahan selama kurang lebih 3 hingga 5 detik.

Langkah #4. Apabila sudah berada pada menu Recovery, selanjutnya pilih "Install". Cari dan temukan file xposed yang sudah didownload sebelumnya. Lanjutkan dengan mengusap ke arah kanan pada "Swipe to confirm flash". Tunggu beberapa ketika hingga proses pemasangan selesai.

Langkah #5. Reboot atau nyalakan ulang smarphone samsung sobat. Berikutnya, buka aplikasi Xposed dan cek apakah pemasangannya sudah berhasil atau tidak. Apabila berhasil, maka akan ada pesan pada aplikasi "Xposed Framework version 87.x is Active" (tulisan berwarna hijau). Namun bila gagal maka pesannya "The Xposed framework is not installed" (tulisan berwarna merah).

Sampai pada tahap ini, prosesnya sudah selesai. Silahkan unduh framework yang disediakan Xposed. Jika masih belum mengerti, silahkan tonton video berikut ini :

Video Tutorial Cara Install Xposed Installer :

Jika Pemasangan Gagal, Ini Cara Mengatasinya!

Pemasangan xposed kedalam smartphone tidak selamanya eksklusif berhasil. Hal ini disebabkan beberapa faktor, salah satu diantaranya keliru dalam memilih versi xposed, file xposed tidak tepat atau mengalami kerusakan setelah diunduh atau hal-hal lain. Nah untuk mengatasinya, silahkan coba petunjuk berikut ini :
  1. Perhatikan versi xposed yang akan digunakan. Jangan hingga keliru dalam memilih.
  2. Download ulang filenya. Karena kerusakan pada file sering terjadi setelah file tersebut sudah terdownload.
  3. Bersihkan dalvik cache melalui menu recovery.
  4. Restart ponsel.
  5. Ulangi langkah-langkah di atas. Perhatikan dengan seksama, dan jangan ada hal-hal yang ketinggalan.
Semoga tutorial diatas bermanfaat bagi sahabat yang membutuhkan. Apabila ada pertanyaan, silahkan menghubungi admin melalui formulir kontak atau melalui kolom komentar yang ada di bawah artikel ini. Terima kasih dan salam.

Facebook Comments